Perbedaan Antara Sertifikasi Dan Akreditasi

Perbedaan Antara Sertifikasi Dan Akreditasi

Kali ini kita akan membahas mengenai perbedaan antara sertifikasi sekaligus akreditasi. Sebetulnya keduanya saling berhubungan. Inilah mengapa kita harus mampu mengetahui perbedaan antara keduanya. Sebelumnya anda harus paham terlebih dahulu tentang pengertiannya.

Bagi anda yang telah bekerja dalam sebuah perusahaan yang sudah bersertifikat ISO 9000 pastinya istilah tentang akreditasi maupun sertifikasi ini sudah tidak asing lagi. Apalagi keduanya ini memang erat sekali penerapannya dengan standar ISO.

Coba saja anda perhatikan sertifikat ISO 9001:2008 di perusahaan tempat anda bekerja. Dalam sertifikat tersebut pastinya sudah tercantumkan dua buah logo. Dimana satu logo merupakan lembaga sertifikasi sedangkan satunya ini logo lembaga akreditasi.

Mengenal pengertian akreditasi dan sertifikasi

Tentunya banyak pula yang belum paham akan pengertian dari sertifikasi sekaligus akreditasi. Namun jangan merasa khawatir lagi karena kita akan membahasnya di sini. Supaya lebih jelas lagi sebaiknya anda menyimak penjelasannya di bawah ini:

·  Akreditasi

Akreditasi menyiratkan jika sebuah perusahaan sudah mematuhi standar tertentu. Jadi standar ini memang sudah ditetapkan oleh pihak ketiga dengan persetujuan yang ada. Seperti halnya peninjauan mengenai kualitas ataupun efisiensi sebuah organisasi.

Akreditasi ini biasanya dilakukan oleh sebuah lembaga yang sudah diterima bahkan cap persetujuan juga terbilang berarti bagi lembaga pendidikan, rumah sakit, organisasi, laboratorium bahkan lainnya.

Biasanya lembaga pendidikan swasta selalu mempunyai keinginan untuk memperoleh akreditasi dari lembaga negara supaya mampu menunjukkan pada siswanya jika ia mampu mematuhi segala standar ketat dalam hal pengujian dan pendidikan.

Akreditasi merupakan proses evaluasi lembaga, lembaga pendidikan bahkan organisasi yang lain. Akreditasi juga dilakukan oleh badan yang sudah ditunjuk. Jadi badan ini memang sudah disetujui prosesnya bahlan lembaga ini juga mengajukan akreditasi pada badan yang sudah disetujui.

Siswa yang ingin masuk dalam sebuah lembaga pendidikan tentunya memeriksa akankah lembaga ataupun perguruan tinggi tersebut sudah memperoleh akreditasi baik ataukah belum. Karena bagaimana pun juga hal ini nantinya juga berpengaruh terhadap hasil pendidikannya.

Jadi usahakan memilih lembaga maupun perguruan tinggi yang jelas sudah memperoleh akreditasi. Jadi nantinya anda tidak perlu merasa khawatir lagi akan hasil ilmu yang didapatkan.

·  Sertifikasi

Dibalik akreditasi tentunya ada yang namanya sertifikasi. Jadi anda pun harus paham mengenai keduanya. Sertifikasi merupakan suatu bukti jika seseorang sudah berhasil menyelesaikan sebuah kursus studi bahkan dia pun juga berkompeten serta terampil pada program studinya.

Jadi anda seorang mahasiswa biasanya sering memperoleh sertifikasi ini jika memang berkompeten. Memang bukan hal yang mudah untuk meraih sertifikasi. Semuanya membutuhkan belajar dan kerja keras.

Jika seseorang mampu lulus kursus biasanya ia dianugerahi sebuah sertifikat yang mampu menyatakan jika ia ahli dalam kursusnya. Sertifikasi ini umum dalam dunia pendidikan meskipun keterampilan orang biasanya juga disertifikasi perusahaan demi membantu kemajuan karirnya.

Biasanya sertifikasi ini dilakukan oleh suatu lembaga untuk sebuah produk agar nantinya mampu meyakinkan para konsumennya terkait kualitas serta keandalan produknya.

Sertifikasi juga bertujuan memberikan sebuah jaminan jika organisasi sudah menerapkan sistem manajemen tertentu. Jadi anda mampu mencapai tujuan yang ada menurut kebijakan serta sasaran sesuai ketentuan organisasi.

Lembaga yang melakukan proses sertifikasi ini adalah lembaga sertifikasi atau CB. Standar yang kini menjadi acuan pada lembaga sertifikasi tentu saja ISO/IEC 17021 Conformity assessment.

Kegiatan yang dilakukan pada akreditasi pastinya berbeda dengan kegiatan sertifikasi. Dimana prinsip dasar akreditasi yakni memberikan penilaian terhadap kompetensi lembaga sertifikasi. Sedangkan untuk sertifikasi yakni menilai kesesuaian pada suatu jasa, barang, sistem maupun personil.

Perbedaan akreditasi dan sertifikasi

Pastinya kini sudah banyak yang merasa tidak sabar lagi ingin mengetahui perbedaan antara sertifikasi serta akreditasi. Dimana keduanya ini merupakan proses pelengkap yang sebetulnya bersifat serupa.

Keduanya juga merupakan istilah yang sering kita dengar baik itu dalam dunia pendidikan maupun perusahaan. Hanya saja kedua istilah tersebut ternyata memperoleh  beberapa perbedaan yang harus kita ketahui.

Mungkin sudah banyak yang merasa penasaran. Supaya lebih jelas sebaiknya simak penjelasan di bawah ini:

  1. Akreditasi biasanya dilakukan oleh sebuah lembaga yang disetujui bahkan diterima sebagai standar untuk memberikan bukti jika nilainya baik.
  2. Sertifikasi sebagian besarnya dalam hal individu meskipun produknya juga disertifikasi lembaga pemerintah. Hal ini dilakukan untuk menjaga kualitas serta memberikan keyakinan pada konsumen terhadap kondisi produknya.
  3. Institusi pendidikan seringkali mengajukan akreditasi pada universitas negeri ataupun universitas federal.
  4. Sertifikat biasanya diberikan pada perorangan seperti halnya dalam dunia industri IT guna memberikan konfirmasi akan keterampilan seseorang.
  5. Akreditasi merupakan cap persetujuan dari pihak ketiga mengenai prosedurnya.

Itulah tadi sekilas penjelasan menarik mengenai pengertian akreditasi dan sertifikasi sekaligus perbedaan antara keduanya. Semoga saja dengan membaca pembahasan di atas. Anda bisa membedakan antara kedua hal tersebut.

Memperoleh akreditasi bahkan sertifikasi dalam sebuah perusahaan maupun lembaga pendidikan terbilang penting sekali. Hal ini juga berkaitan dengan kemajuan karir anda di masa datang. Semoga saja semuanya bisa berjalan lancar bagi siapa saja yang sedang menjalani akreditasi maupun sertifikasi.


Leave a Reply

Your email address will not be published.